Tampilkan postingan dengan label story. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label story. Tampilkan semua postingan

Minggu, 03 Juni 2018

Bali Bertiga part 1

Yay, its Sunday. Happy Fasting people.
I will skip my nulis laporan and nugas thing today. Instead, I will write about my journey to Bali on September 2017 ya. Bukan piknik jaman SMA (tulisan itu tidak pernah ada kelanjutannya sampai sekarang wk)
Tulisan ini saya buat karena lumayan banyak teman-teman saya yang memberikan pertanyaan kurang lebih seperti ini "Kamu ke Bali kemarin habis berapa?"

Jadi saya itu ke Bali 4 hari 3 malam,bertiga, dimana meeting point nya adalah Jogja. Jadi biaya yang saya keluarkan kebanyakan dibagi 3 juga.
Menurut saya hal paling penting yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk get out to see the world adalah:
1. Transportasi PP
2. Tempat tinggal
3. Transportasi disana
4. Tempat yang ingin kamu kunjungi
5. Makan

Yuk kita breakdown satu persatu!

Transportasi PP
Waktu itu memutuskan pake pesawat. Emang ada selain pesawat? Jelas ada. Kamu bisa naik kereta, motor, atau bus lalu nyebrang naik kapal. Banyak jalan menuju roma bung. Kalau tetep mau naik pesawat dan murah ya ga perlu yang first class lah, ekonomi aja cukup. Pesanlah tiket saat musim banyak promo, traveloka is a must sih kalau saya, mau diboykot kek mau enggak I don't give a.......... Waktu itu kita pesen tiket untuk bertiga PP dan setelah dibagi 3 kita kenanya @ kurang dari 800.000. Murce banget kan?

Tempat tinggal
Kriteria tempat tinggal kita waktu itu:
Bersih, tidak abal, ada wifi, di pusat kota, dapet makan, bisa diisi bertiga tanpa kena charge, murah. Nah loh emang ada? Itulah fungsinya traveloka saudara-saudaraku. Duh jadi kayak iklan traveloka. Selain traveloga banyak juga kok, ada pegipegi, agoda, tripadvisor, soo many
Ada ga sih tempat tinggal yang murah selain hotel? Banyak. Tapi ya mon maap no thank you ajalah saya, ga sanggup. Baca aja cerita blogger lain. Saya salut deh sama mereka.
Oke back to topic, alhamudlillah banget waktu itu kita dapet hotel di Kuta yang sesuai banget sama kriteria kita. Ditambah kita dapat breakfastnya yang model AUCE *subhanallah
Biaya per malamnya kurang dari 300.000. Biaya totalnya tinggal dibagi 3 deh.

Transportasi disana
Banyak sekali pilihannya.........
Yang pertama, transportasi umum tradisional. Seperti taksi dan angkot (ada ga sih haha). Gunakanlah taksi jika uang anda berlebihan atau saat kepepet karena kalian ga tau caranya pake taksi online di zona merah (pengalaman banget). Jika kalian terpaksa menggunakan option kedua, tawar menawarlah (sayang sekali saya bukan tipe orang yang pandai tawar menawar). Tanpa menawar, anggaplah itu salah satu cara Tuhan mengingatkan kamu untuk bersedekah.
Yang kedua, transportasi online. Sangat direkomendasikan jika tempat tujuan kalian emang deket-deket aja. Sebelumnya jangan lupa isi saldo uang online ya. Karena rasanya tidak pas kalau kamu pake yang online-online tapi bayarnya masih manual juga. Halah. Lalu kenapa transportasi online hanya disarankan untuk perjalanan dekat? Karena kalau kalian pake transportasi online untuk perjalanan jauh yang menghabiskan waktu 1-2 jam, percayalah, kalian bisa berangkat ga bisa pulang. Mau? Nggak kan.
Yang ketiga, sewa mobil. Kalian bisa sewa mobil tanpa supir, dengan supir yang sekaligus jadi tour guide, atau supir sendiri tour guide sendiri. Tergantung budget kalian. Trus taunya gimana? Kalau kalian baru pertama kali ke Bali, kalian bisa cari di internet laya ini kan bukan jaman batu. Atau kalian bisa tanya-tanya ke temen kalian yang udah pernah ke Bali, biasanya mereka punya rekomendasi kenalan. Berhubung budget kami tipis banget, kami pilih transportasi ke empat yaitu..
Sewa motor. Dimana? Kebetulan kita bertiga sama-sama orang yang ga suka ribet. Akhirnya kita putuskan sewa dari hotelnya aja. Biayanya per hari 75.000. Sewalah secara bijak. Kalau kalian disana 4 hari ya sewa 2 hari aja buat jalan-jalan jauh. Hari pertama dan terkahir pake transportasi online aja buat pergi ke tempat wisata yang deket-deket.

Tempat yang kamu kunjungi.
Bagaimana caranya kita tau tempat yang akan kita kunjungi? Searching dan bertanya lah bosque. Lalu buatlah itinerary. Bisa liburan tanpa itinerary? Bisa tapi ya tanggung sendiri resikonya. Dengan membuat itinerary kalian akan lebih teratur sekaligus bisa ngitung biaya tiket masuk masing-masing tempat yang akan kalian kunjungi. Ada yang beranggapan bahwa itinerary itu saklek? Astaga mylov, kalian kan buat itinerary untuk diri sendiri, ya sesuaikan lah. Kalau mau selo ya di buat selo. Kalau mau rush ya bisa dibuat sat set sat set. Gampang kan?

Makan
Yang terakhir ini gampang-gampang susah. Karena kita akan nyari makanan halal di antara warung-warung dan restoran non halal. Bersyukurlah kalian yang makannya ga ribet jadi bisa sangu popmie yang banyak hahaha. Ya ga gitu juga siih. Intinya makanan halal emang susah dicari, tapi bukan berarti ga ada. Lagi-lagi pinter-pinternya kalian aja mencari dan berkomunikasi


Berikut tips lain agar kalian hemat:
Jangan kebanyakan nyepam di sosmed. Emang ada hubungannya sama hemat? Ada banget. Kalau kalain nyepam di sosmed kalian akan mendapat komen yang sungguh tidak manusiawi seperti ini "oleh-oleh yaa". Kamu pasti berpikir idih pelit banget Shinto ya. Bukan pelit mylov. Saya tau diri liburan saya ini low budget. Plus itu siapa siapa ya ga kenal tiba-tiba minta oleh-oleh (haha bercanda ding). Yang jelas beli oleh-oleh itu tidak haram, tapi be wise ya siapa perlu dibawain oleh-oleh dan siapa yang tyda perlu. Ditambah lagi liburan itu akan lebih bermakna kalau sebagian besar bisa kalian nikmatin sendiri. Ngesharenya nanti aja kalau udah jadi memori.

Oke sekian dulu saya ngepostingnya. Bakal ada part 2 kok, janji. Isinya poto-poto. Karena katanya no pic hoax. Dan buat kaalian readers pasti sangat sakit matanya karena ini postingan isinya tulisan semua kayak handbook.

Bye :*

Rabu, 16 Juli 2014

ME, KULIAH, DAN ORGANISASI (Cinta segitiga yang alhamdulillah sedikit akur)

Halo blog-yang sepertinya sudah penuh dengan sarang laba-laba :)
Halo readers-aku sendiri mungkin haha
Sudah berbulan-bulan blog ini tertinggal karena kesibukan yang tidak manusiawi.

Ohya, happy ramadhan anyway. Meski aku tau ini telat banget. Hey! Lebih baik terlambat kan daripada tidak sama sekali.
Jujur kangen banget nulis-nulis di blog. Meskipun sebagian besar tulisan di blog ini berisi curhatan-curhatan nggak penting sih. But whatever, this is my blog dude :D

Berbicara soal kesibukan, ya aku sibuk kuliah, setauku jadwal kuliah di kedokteran gigi ini ga sama kayak di HI dulu (yaiyalah). Maksudnya kalau jadwal di HI lebih teratur, tapi di "prodi baru" ku ini jadwalnya nggak usah dintanya. SUPER DUPER KACAU. Kesibukan lainku adalah organisasi. Nah, di sini adalah bagian penuh beban, cobaan,dan tantangan. Organisasi yang kuikuti kebetulan punya banyak event. Yasudah mau ga mau aku end up di kesibukan yang ga ada ujungnya. Tapi organisasi itu bagiku adalah semacam candu. Ketika kamu memutuskan untuk berhenti dari organisasi, yang ada di angan-angan adalah "Hmmm, betapa flat nya hidupku nanti". Maka aku memutuskan untuk keluar dari organisasi ini dan mengikuti organisasi lainnya. Hahahaha
Aku juga butuh beberapa jam dari waktu luang yang tersisa dengan diri sendiri. Jangan kira aku bakal belajar, karena sepertinya aku ga pernah belajar. Jarang. Paling mendekati ujian (halah klise).
Beberapa jam waktu itu aku sia-siain buat merenung, berpikir, dan lain sebagainya. Jangan anggap hal itu nggak penting. Itu penting tau. Dan selebihnya ya aku berteman. Ini adalah part tersulit. Karena disaat harusnya kamu bisa main ketemu temen lama yang ngajakin jalan, kamu malah:

1. Ya ampun, maaf ada rapat nih
Maka temenmu akan berpikir seperti ini:
"Gaya banget sih rapat-rapat, kayak ibu-ibu pejabat deh" (kasian, karena temenku ini masih berpikir bahwa hanya ibu-ibu pejabatlah yang berhak rapat ._.)
"Oh gitu ya, ya udah gapapa lain kali aja mungkin ya hehe" (kemudian dia tetep main dengan temen yang lain, ini sedikit MIRIS)

2. Cin, lagi dimana? aku ke kosmu yah. Halooo. Heeey km dimana sih. Jawab doong. (ceritanya dia sms jam 9 malem berkali-kali)
"Yasalam maaf-maaf ketiduran niih" (km bales sehari kemudian di waktu subuh, kemudian merasa sedikit nyesek dan bersalah)
Nothing you can do man! -Oh sorry aku woman

3. Temen: "Tanggal segini kita ketemu ya?"
Gue: "Yah, aku kan masih belum di rumah tanggal segitu, masih ada urusan nih disini"
Dan urusanmu adalah? Tidak lain dan tidak bukan adalah urusan organisasi

Dan masih banyak hal lain.
Sebenernya kehidupan organisasi itu menyenangkan. Yang perlu kamu lakuin adalah sedikit berkorban. Boleh kambing, tetapi akan lebih baik kalau sapi. Oh maaf aku salah fokus -___-
Di sini yang aku maksud adalah berkorban waktu ya.
Dan percayalah jika kamu berpengalaman dalam bidang keorganisasian sebelumnya, maka kamu akan terbiasa dengan TIME MANAGEMENT.

Selamat sahur, Selamat puasa :)